Monday 26 February 2018

Mudah Cara Mengubah Ukuran Foto Dengan Paint



Mungkin ada di antara anda yang pada keperluan tertentu diminta untuk mengirim/upload foto dengan ukuran tertentu, misalkan dimensi 400 pixel x 600 pixel dengan maksimum ukuran file 100 Kb. Kebutuhan ini biasanya digunakan jika anda ingin mendaftar pada suatu lembaga/instansi secara online, misalkan untuk pendaftaran kuliah, pendaftaran anggota organisasi, pendaftaran usaha onlne, organisasi yang mendaftar melalui online dan sebagainya.
Nah jika anda bukan ahli multimedia tentu bingung juga gimana cara mengubah foto/gambar yang anda miliki agar sesuai dengan ketentuan di atas.
Jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan tips sederhana dan mudah sehingga masalah anda akan terselesaikan.
Aplikasi yang kita gunakan sudah ada dalam instalasi windows yaitu Paint. Dengan demikian tidak perlu lagi intsall aplikasi.
Baiklah langsung saja kita mulai.
•    Langkah pertama tentu anda harus menyiapkan file foto/gambar yang akan diedit.
•    Jalankan aplikasi Paint melalui Start Menu, All Program, kemudian Accessories, dan pilih Paint. Tampilannya sebagai berikut .


  •    Buka file foto yang akan diedit dengan cara klik menu , Open dan pilih file. Berikut saya membuat contoh dengan file bernama pasphoto, dimensi 259x195 px dengan ukuran file 4,3 Kb. Informasi ini ada di bagian bawah jendela aplikasi Paint.
 



•    Terlebih dahulu pilih area gambar yang akan diambil, contoh di atas, kita ambil area yang bagian berisi gambar, karena area yang dibagian kiri kosong maka akan kita buang. Caranya klik ikon Select, kemudian pilih area dengan cara letakkan pointer mulai dari bagian kiri atas klik kiri dan drag (jangan dilepaskan) kemudian geser pointer. Selama melakukan pemilihan akan terlihat dimensi gambar yang dipiliah di bagian bawah. Setelah sesuai keinginan drag dilepaskan. Selanjutnya klik ikon Crop atau Ctrl+Shift+X. Maka area yg tidak terpilih akan terbuang. Tentu saja setelah crop dimensi belum sesuai dengan yang kita inginkan, misalkan contoh gambar ini dimensinya 177 x 195 px.
 




•    Selanjutnya kita akan mengubah ukuran pixel menjadi 400 x 600 px.
Klik Resize , pada jendela resize pilih Pixel.
Kemudian ganti salah  nilai pixel sesuai kebutuhan, bisa bisa Horizontal atau Vertikan. Jika gambar di atas kita ganti nilai Horizontalnya dengan 400 maka nilei vertikan menjadi 440 berarti kebutuhan 600 px tidak terpenuhi. Oleh karena itu kita ganti nilai vertikal dengan 600 maka nilai horizontal menjadi 544. Nilai ini melewati kebutuhan yaitu 400. Tidak maslaah karena nanti bisa kita potong. Yang menjadi masalah adalah jika kurang, karena tidak bisa ditambahkan gambar.
 



•    Sekarang dimensi tinggi sudah terpenuhi, yaitu 600 pixel, tetapi dimensi 544 pixel, berarti berlebih, karena yang kita butuhkan 400 pixel. Nah untuk mengatur ini kita gunakan lagi fasilitas crop seperti di atas. Caranya klik ikon Select, kemudian pilih area dengan cara letakkan pointer mulai dari bagian kiri atas klik dan drag (jangan dilepaskan) kemudian geser pointer ke kanan bawah sampai ukuran menunjukkan lebar 400. Penetapan posisi pointer di bagian kiri atas disesuaikan kebutuhan. Setelah itu crop gambar.



  
•    Setelah itu silahkan simpan gambar dengan nama sesuai pilihan melalui Menu Paint dan Save As
__________________________________________________________________________
 BACA

Berbagai ebook gratis bisa diunduh di http://unduhayo.blogspot.co.id
CBT Mandiri untuk penilaian/test barbasis komputer di http://www.iwanyasa.com

___________________________________________________________________
Unduh



No comments:

Post a Comment

Popular Posts